Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap Terhadap Citra Rsud Lanto Dg. Pasewang Kabupaten Jeneponto

  • Ricky Perdana Poetra Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
Keywords: Citra Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Citra rumah sakit ialah salah satu aset yang tidak terwujud yang penting bagi rumah sakit. Citra rumah sakit mengarah pada perilaku dan sikap pasien terhadap rumah sakit. Citra yang baik akan mampu meningkatkan kesuksesan suatu rumah sakit dan sebaliknya citra yang buruk akan memperburuk atau reputasi rumah sakit menurun dan menjadi tidak baik. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study melihat pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien umum rawat inap terhadap citra rumsah sakit. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat inap dilihat berdasarkan data jumlah pasien rawat inap tahun 2021, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50 responden dihitung menggunakan rumus slovin pada tingkat kesalahan 10% teknik pengambilan sampel ini menggunakan Consecutif Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pasien umum rawat inap berpengaruh signifikan terhadap citra rumah sakit di RSUD Lanto Dg Pasewang Kabupaten Jeneponto, dibuktikan nilai p-value hasil analisis Univariat dan Bivariat dengan uji Chi-square (0,000) < 0,1. Kesimpulan dalam penelitian ini kualitas pelayanan dan kepuasan pasien umum rawat inap berpengaruh langsung dan signifikan terhadap citra RSUD Lanto Dg Pasewang Kabupaten Jeneponto.

Published
2021-12-11