Pengembangan Kartu Kendali Edukasi Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Praktik Pemberian ASI Pada Ibu Nifas

  • EKA FADILLAH BAGENDA Institut Kesehatan & Bisnis Kurnia Jaya Persada Palopo
Keywords: kartu kendali, pengetahuan, pemberian ASI

Abstract

Dua sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yaitu menurunnya angka kematian bayi dan menurunnya prevalensi gizi kurang pada anak balita. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai sasaran tersebut yaitu peningkatan pemberian ASI.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pengetahuan ibu nifas terhadap praktik pemberian ASI pada 3 bulan pertama dengan kartu kendali edukasi.  Penelitian  ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain one gruppretest – posttes with kontrol. Populasi adalah semua ibu nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Wara Kota Palopo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel sebanyak 30 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok. Pengumpulan data menggunakan kuesioner diberikan kepada responden sebelum dan sesudah edukasi. Data dianalisis menggunakan Chisquare, Mannwhitney dan Friedman. Kartu kendali edukasi divalidasi oleh tiga tim ahli yaitu ahli konselor laktasi dan ahli kebidanan. Hasil Penelitian ini menunjukkan pada Uji Friedman mendapatkan hasil signifikan (p=0,001) yang berarti terdapat peningkatan pengetahuan sebelum dan setelah edukasi pada posttest 1, posttest 2 dan posttest 3 pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Serta pada uji Mann-withney diperoleh nilai  (p=0,009) yaitu ada perbedaan   bermakna   antara   kelompok   yang   menggunakan   kartu   kendali   edukasi   dengan   yang  tidak menggunakan kartu kendali edukasi terhadap pemberian ASI. Hal tersebut membuktikan bahwa kartu kendali edukasi dapat meningkatkan pengetahuan ibu nifas akan praktik Pemberian ASI

Published
2021-12-11